Ahmad Irfan AW

Pelayaran Tak Bertepi Samudera Ketuhanan

Pangeran Jayakarta (Fatahillah)

Bismillāhirrahmānirrahīm

Pembahasan Tentang Asal-Usul Pangeran Jayakarta I, Pangeran Jayakarta II, Pangeran Jayakarta III, dan Pangeran Jayakarta IV (Ghafarallahu Lahum)

Pangeran Jayakarta I

Pangeran Jayakarta I @ Fatahillah @ Sunan Gunung Jati II @ Tubagus Pasai @ Fathullah Khan @ Falatehan

Beliau dalah tokoh yang mengusir Portugis dari pelabuhan perdagangan Sunda Kelapa dan memberi nama “Jayakarta” yang berarti Kota Kemenangan, yang kini menjadi kota Jakarta, Ibukota Negara Republik Indonesia.

Ia dikenal juga dengan nama Falatehan. Ada pun nama Sunan Gunung Jati dan Syarif Hidayatullah, yang sering dianggap orang sama dengan Fatahillah sebenarnya adalah mertua beliau.

Ceritanya, Setelah Sunan Gunung Jati yang bergelar Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan Jati Purba Panetep Panatagama Awliya Allah Kutubid Jaman Khalifatur Rasulullah yang merupakan pendiri dinasti raja-raja Kesultanan Cirebon dan asal usul dari pendiri Kesultanan Banten serta penyebar agama Islam di Jawa Barat wafat, terjadilah kekosongan jabatan pimpinan tertinggi Kesultanan Cirebon. Pada mulanya calon kuat pengganti Sunan Gunung Jati ialah Pangeran Dipati Carbon, Putra Pangeran Pasarean, cucu Sunan Gunung Jati. Namun, Pangeran Dipati Carbon meninggal lebih dahulu pada tahun 1565.

Kekosongan pemegang kekuasaan itu kemudian diisi dengan mengukuhkan pejabat keraton yang selama Sunan Gunung Jati melaksanakan tugas dakwah, pemerintahan dijabat oleh Fatahillah atau Fathullah Khan. Fatahillah kemudian naik takhta, dan memerintah Cirebon secara resmi menjadi raja sejak tahun 1568. Fatahillah menduduki takhta kerajaan Cirebon hanya berlangsung dua tahun karena ia meninggal dunia pada tahun 1570, dua tahun setelah Sunan Gunung Jati wafat dan dimakamkan berdampingan dengan makam Sunan Gunung Jati di Gedung Jinem Astana Gunung Sembung.

Fatahillah adalah putra Sayyid Mahdar Ibrahim atau dikenal dengan Ibrahim Patakan bin Abdul Ghafur bin Barakat Zainal ‘Alam bin Jamaluddin Akbar bin Ahmad Syah Jalaluddin Akbar bin Abdullah bin Abdul Malik Azmatkhan. (Selengkapnya lihat tulisan sebelumnya tentang Ilmu Silsilah )

Beliau menikah dengan Ratu Ayu Pembayun binti Gusti Sinuhun Kangjeng Sunan Gunung Jati (Al Azmatkhan Al-Husaini) dan memiliki putra :

1. Ratu Wanawati Raras
2. P. Sendang Garuda
3. Ratu Ayu

Ratu Wanawati Raras menikah dengan sepupunya sendiri yang bernama P. Sendang Kamuning alias Pangeran Adipati Cirebon bin Muhammad Arifin Pangeran Pasarean bin Syaikh Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati (Al Azmatkhan Al-Husaini) dan dikarunai putra, (salah satunya) bernama : Pangeran Ratu Pakungwati Pangeran Mas Zainul ‘Arifin yang kemudian menurunkan Sultan-Sultan Kanoman, Kasepuhan, dan Kacirebonan.

Fatahillah juga menikahi putri Raden Patah yang meninggalkan putera Tumenggung Nagawangsa Ki Mas Abdul Aziz, keturunannya adalah sebagian Bangsawan Palembang Darussalam yang menggunakan Gelar Kemas (Laki-Laki) & Nyimas (Perempuan)

Dengan istri putri Raden Patah, Fatahaillah juga meninggalkan putera Ki Bagus Abdurrohman, keturunanannya adalah sebagian Bangsawan Palembang Darussalam yang menggunakan Gelar Kiagus (Laki-Laki) & Nyayu (Perempuan)

Sedangkan untuk keturunan pancer beliau dari jalur Pangeran Sedang Garuda Cirebon belum ditemukan data keturunannya. BAGI ANDA YANG MEMILIKI INFORMASI TENTANG INI HARAP MENGHUBUNGI KAMI

Pangeran Jayakarta II 

Pangeran Jayakarta II @ Tubagus Angke @ Pangeran Gedeng Angke

Beliau adalah saudara Pangeran Muhammad Pelakaran, putra Pangeran Panjunan Cirebon @ Sayyid Abdurrahman bin Sultan Sulaiman Al-Baghdadi bin Ahmad Syah Jalaluddin Akbar bin Abdullah bin Abdul Malik Azmatkhan. (Selengkapnya lihat tulisan sebelumnya tentang Ilmu Silsilah )

Pangeran Jayakarta II menikahi putri Fatahillah dan juga menikahi puteri Maulana Hasanuddin Banten bin Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati; dikarunai putra bernama Sungerasa Jayawikarta alias Pangeran Jayakarta III (Pangeran Jayakarta III bin Pangeran Jayakarta II sampai saat ini belum diketahui dari Ibu yang puteri Fatahillah atau puteri Maulana Hasanuddin Banten) BAGI ANDA YANG MEMILIKI INFORMASI TENTANG INI HARAP MENGHUBUNGI KAMI

Pangeran Jayakarta III

Pangeran Jakarta III @ Sungerasa Jayawikarta berputra :

1. Ahmad Jaketra alias Pangeran Jayakarta IV
2. Ratu Ayu

Ratu Ayu menikah dengan Sultan Abul Ma’ali Ahmad Kenari bin Sultan Abul Mafakhir Mahmud Abdul Kadir Kenari bin Maulana Muhammad Pangeran Ratu Ing Banten bin Maulanan Yusuf Panembahan Pakalangan Gede bin Maulana Hasanuddin Panembahan Surosowan bin Syarif Hidayatullah Susuhunan Gunung Jati.

Dikarunai putra (salah satunya) :

Sultan Ageng Tirtayasa Abul Fath Abdul Fattah (Sultan Banten 1631 – 1683)

Lahum Al Fatihah…

Makam Pangeran Jayakarta IV di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur

Wallahu A’lam
Ahmad Irfan AW

Sumber Rujukan : R. Tubagus Nurfadhil Al Bin Hasan Al-Husaini (Mogi Azmatkhan)

About these ads

22 responses to “Pangeran Jayakarta (Fatahillah)

  1. Lora nusantara 18/11/2011 pukul 05:36

    Lanjutkan

    • Ahmad Irfan AW 18/11/2011 pukul 05:44

      @ Lora Nusantara : Terima kasih banyak atas dukunganya Lora… Mohon Doanya !

    • Cakrabuana putra 19/11/2013 pukul 13:37

      Kang Irfan, maturnuwun atas upaya melestarikan sejarah dan silsilah keturunan Cirebon- Banten, mudah – mudahan saudara- saudara kita bisa lebih melengkapi silsilah keturunan kita

      • Ahmad Irfan AW 30/12/2013 pukul 16:44

        Aamiin, terima ksaih kembali Kang Cakrabuana Putra.. Semoga bermanfaat bagi kita dan anak cucu

  2. a'im alhusaeny 24/12/2011 pukul 16:14

    good taq mas,,,
    info lagi yg lain dong,,dtunggu..
    from: Kiagus a’im bin kiagus abdurrahman

    • Ahmad Irfan AW 25/12/2011 pukul 16:18

      InsyaAllah, semoga Bermanfaat…

  3. a'im alhusaeny 24/12/2011 pukul 16:15

    nice

  4. herman 13/01/2012 pukul 22:31

    Bagus, dan alangkah lebih baik jika disertai sumber2 otentik dan akurat, bukan hanya sebuah dongeng..

    salam

  5. bersatu1 26/03/2012 pukul 12:56

    wallohu allam…

  6. R Herman Sukadiria 24/04/2012 pukul 18:36

    Semoga dapat menampilkan silsilah silsilah lainnya, agar tidak hilang jejak sejarah enjit enjit kita

  7. Kemas Yustiar 19/05/2012 pukul 08:26

    Tulisan yang bagus & bermanfaat, boleh gak ana muat di blog ana (tetap dgn menyebut sumbernya tentunya) ? Apa antum termasuk pengurus/karyawan di Robithoh Fatimiyyah, di mana alamatnya sekarang, mungkin gak dibuka perwakilan di Semarang ? Alafu wa sukron katsiron

    • Ahmad Irfan AW 03/10/2012 pukul 12:16

      Boleh dishare. Saya tidak termasuk pengurus di instansi yang Kemas cebut di atas

  8. al faqir 12/06/2012 pukul 09:44

    ass..wr wb,
    semoga cahaya kebahagian selalu bersama anda
    ada yg ingin ana tanyakan kepada antum ini mengenai silsilah pangeran achmad djaketra yg antum paparkan itu yaitu pangeran achmad djaketra bin sungerasa jaya wikarta bin tubagus angke bin syeikh abdurahman bin sultan sulaiman albaghdadi bin ahmad syah jalaludin al akbar, dan tubagus angke adalah cicit (keturunan 3) dari jalaludin al akbar beliau menikah dengan putri sultan hasanudin…di liat dari sultan hasanudin punya silsilah adalah sultan hasanudin bin syarief hidayatulloh bin sayyid abdulloh bin sayyid a’li nurul alim bin sayid jamaludin bin sayid ahmad syah jalaludin akbar jadi sultan hasanudin adalah keturunan ke 5 dan putrinya keturunan ke 6 jadi kalau dilihat dari masa jamanya adalah buyut dinikah dengan cicit .. berarti beda 3 periode keturunan pernikahan ini, … pertanyaan saya apakah ada nama yg masih tertinggal di dalam silsilah pangeran achmad djaketra ini karena memang beliau adalah aulia allah yg mana menyembunyikan jati dirinya … Wawlohualam …

    Salam ta’zim

  9. suparno 30/07/2012 pukul 11:44

    wah isok ae wawa

  10. Dian Aprianto 07/08/2012 pukul 16:31

    assalamu alaikum wr.wb,sebelumnya sy mohon maaf,adakah yg punya silsilah lengkap PANGERAN JAYAKARTA,karna menurut cerita kakek/nenek sy,sy masih keturunan BELIAU,jk ada yg punya tlong hub di 082142241819(DIAN APRIANTO) atau email bayan_khusdi_130478@yahoo.co.id,terima kasih banyak,wassalamu alaikum wr.wb

    • Ahmad Irfan AW 03/10/2012 pukul 11:55

      wa’alaikumsalam. Mas Dian, silakan mas berkunjung ke Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. Disana banyak keturunan Pangeran Jayakarta. Barangkali Mas Dian akan bertemu kerabat mas di sana dan dapat menyambung silaturrahim

      • dinda novita 05/10/2012 pukul 10:44

        menurut sejarah sebenarnya fatahillah berasal dari kerajaan pasai di aceh ,,,

  11. muchlis 24/11/2012 pukul 15:16

    assalamualaikum….
    saya menikahi seorang gadis yg kata ya msh keturunan dr pangeran jayakarta.. dan saya pernah berbincang dgn beliau melalui istri saya .. apakah ini benar / tdk & memang jika dilihat dr keturunan istri saya msh ada keturunan dr daerah banten.. & istri saya sering di datangi oleh beliau baik dlm mimpi atau dlm hal yg nyata.. dan beliau selalu mendampingi istri saya.

    • Ahmad Irfan AW 14/12/2012 pukul 02:21

      diketahui apakah keturunan dr Pangeran Jayakarta atau tidak dari riwayat genealogi/silsilah/nasabnya. apakah ada catatannya?

  12. Wong Fei Hung 21/05/2013 pukul 13:15

    Ahlan Wasahlan Guru Irfan, sehat yeee????

    Wassalam,
    Wong Fei Hung Alias Ahmed Ad Diba’i

    • Ahmad Irfan AW 21/05/2013 pukul 21:36

      Marhaban Yaa Habibi

      Alhamdulillah Baik… semoga juga antum
      Waalaikumsalam.

  13. habibe achmad asbullah 01/06/2013 pukul 01:50

    assalamualaikum. kalo kate babe gue ,gue juga masih keturunan pangeran ahmad jaketra,cuma dr selirnya aj.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.658 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: