Peta Navigasi Indonesia adalah file peta yang dibuat oleh map developer komunitas Navigasi.Net File peta ini dapat dijalankan pada perangkat GPS 7Ways, Garmin, K-Nav, Navitel, Papago, dan Polnav. Dalam peta ini terdapat banyak informasi penting dan menarik yang sangat membantu kita dalam mencari suatu lokasi atau mengetahui suatu daerah tertentu. Tidak seperti halnya peta konvensional yang hanya berisi jalan, sungai, kota, dll., peta ini juga berisi “daerah yang menarik” atau yang biasa disebut dengan POI (Point of Interest) seperti sekolah, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, tempat wisata, servis mobil, bank/atm, hiburan, rumah sakit, penginapan, dll.

Untuk menggunakan Peta Navigasi Indonesia, terlebih dahulu harus mengunduh:

  1. Garmin MapSoure
  2. Peta Navigasi Indonesia (Update Setiap 2 Bulan)

Setelah kedua file di atas selesai diunduh, selanjutnya di-install secara berurutan. Apabila Garmin MapSource tidak bisa dinstall, coba langkah berikut: klik kanan di file MapSource “extract to MapSource….” dengan menggunakan WinRar. Masuk folder extract, instal “MSmain”. Selanjutnya install peta Navigasi Indonesia. Perlu diperhatikan pada instalasi peta, pada langkah ini, centang checklist Instal maps for MapSource application. Selanjutnya klik next hingga proses instalasi selesai.



Selanjutnya jalankan aplikasi MapSource. Perlu diperhatikan pada menu view di aplikasi MapSource, Switch to Product-nya harus diaktifkan: [navigasi.net] Indonesia Map V. 2.XX NT (free).Map Product

Kita dapat mencari lokasi (desa, kecamatan, kabupaten, kota), alamat, maupun POI (Point of Interest) pada tab menu Find”. Atau dengan cara menekan Ctrl+F (untuk mencari alamat) atau Ctrl+Shift+F (untuk mencari lokasi terdekat).

Untuk menandai suatu lokasi gunakan menu “Waypoint Tool”Untuk membuat sebuah rute dari Kota A ke Kota B gunakan menu “Route Tool”. Unuk mengetahui luas daerah, arah, dan jarak gunakan menu “Distance/Bearing Tool”.

Untuk pengaturan klik tab menu, “Edit” > “Prefences”

Anda dapat turut serta mengembangkan Peta Navigasi Indonesia dengan cara menyumbangkan koordinat POI yang belum terdaftar pada peta.  Koordinat tersebut dapat ditulis di forum http://navigasi.net/ atau dapat melalui komentar pada tulisan ini. — nanti saya kirim ke forum 🙂 —

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat

Iklan