BismilLâh

InsyâAllâh nanti malam kita sudah mulai masuk tahun baru Islam tahun ke-1435 dihitung dari Hijrahnya Nabi Muhammad RasuluLlâh SAW dari Makkah ke Madinah.

Sebagai seorang Muslim, yogya kita gunakan kalender Islam karena dalam bulan-bulan Islam terdapat keutamaan (Allah sendiri yg mengutamakannya), dan sejarah yang tidak dapat dilupakan dan tidak akan ditemui di kalender Gregorius (Januari, Februari, dst.).

Sebgai seorang yang bersosial, kita juga menggunakan kalender Masehi atau dalam istilah Islam dikenal sbgai kalender Miladiyah karena mau tidak mau, saat ini kalender ini yang digunakan oleh dunia. Entah bagaimna sejarahnya, padahal kalau bicara soal usia kalender, kalender Yahudi dan Hindu lebih tua daripada kalender Masehi.

Namun harus diakui bahwa kalender bulan (lunar calendar) yang digunakan oleh Islam adalah kalender yang sempurna.

Buktinya: Setiap bulan baru dan setiap bulan purnama (pertengahan bulan) –berarti bumi, bulan, dan matahari berada pada garis yang lurus– saat itu pasang air laut akan mengalami tinggi tertinggi dibanding waktu-waktu yang lain.

Begitu juga pada saat bulan purnama, banyak hewan yang melakukan perkawinan.

Berarti kalender bulan juga digunakan oleh alam semseta.

Jam tangan yang mahal biasanya dilengkapi Tide Calendar (Kalender Pasang Surut) itu karena waktu yang digunakan di jam tersebut tidak sejalan dengan waktu yang digunakan oleh laut. Coba kalender jam tangannya ikut hijriyah, maka tidak perlu lagi Tide Calendar karena Tide-nya juga ngikut bulan.

Islam sempurna sebagaimana ENGKAU telah menyempurnakan

Iklan