BismiLlāhi-r Rahmāni-r Rahīm.

Pada tulisan kali ini saya akan mengulas cara menggunakan cruise control berdasarkan pengalaman saya mengemudi mobil Nissan (X-Trail 2015).

Nissan adalah salah satu produsen mobil yang berasal dari Jepang, namun saat ini produk Nissan sudah diproduksi dan dipakai di berbagai negara, bahkan kendaraan operasional yang digunakan UN banyak menggunakan mobil Nissan (Patrol).

image

Kendaraan operasional UNMIL (United Nations Mission In Liberia) Image by: Luigi Pralangga.

Nissan (Patrol) juga pernah uji kemampuan mesin di Timur Tengah dengan menarik pesawat kargo seberat 180 Ton. Video: https://youtu.be/uCMquN-4i0w

Mobil Nissan juga bisa dibilang mobil Jepang dengan suspensi/stabilitas yang cukup baik apabila dibandingkan dengan mobil Jepang lainnya dengan harga yang setara.

Sekarang kembali ke pembahasan awal. Tombol cruise control pada Nissan X-Trail terdapat pada bilah kemudi sisi kanan dan terdiri dari tiga tombol.

Tombol ON/OFF berada pada posisi paling bawah, berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan cruise control.

Tombol UP/DOWN berada di tengah, fungsinya untuk meng-aktifkan/mengunci kecepatan, menambah atau mengurangi kecepatan.

Tombol CANCEL berada pada posisi paling atas, berfungsi untuk menon-aktifkan sementara fungsi cruise control.

Untuk menggunakan curise control, tekan tombol ON terlebih dahulu kemudian tarik ke bawah tombol DOWN untuk mengunci laju mobil pada kecepatan saat itu (current speed). Misalnya saat itu kecepatan mobil 80 km/h, maka laju mobil tetap pada angka 80 km/h. Selanjutnya kecepatan bisa ditambah atau dikurangi dengan menggunakan tombol UP/DOWN.

Apabila ada hambatan atau ingin mengurangi laju mobil, tekan tombol CANCEL, cuise control akan dinon-aktifkan sehingga mesin berhenti bekerja dan perlahan-lahan laju mobil semakin pelan. Untuk meng-aktifkan kembali, ada dua pilihan, mengatur laju mobil pada kecepatan awal atau mengatur laju mobil pada kecepatan terkini. Misalnya pada saat menekan tombol CANCEL kecepatan mobil pada angka 60 km/h. kemudian perlahan-lahan laju mobil berubah menjadi 40 km/h, maka apabila mendorong ke atas tombol UP, kecepatan akan diatur ulang menjadi 60 km/h. sedangkan apabila menarik ke bawah tombol DOWN, laju mobil akan dikunci pada kecepatan saat itu (dalam contoh di atas kecepatan 40 km/h).

Penggunaan cruise control menghemat bahan bakar karena pasokan bahan bakar diatur mesin sehingga pengeluarannya konstan. Cruise control hanya bisa digunakan pada kecepatan 38 km/h ke atas.

image

Gambar kemudi Nissan X-Trail 2015 dengan bilah tombol cruise control. Image by: Ahmad Irfan AW.

Semoga bermanfaat.

Iklan