Perbedaan antara WhatsApp (W) dan Telegram (T)

1. W: Kapasitas grup 255 orang. T: sampai dengan 200.000 orang.

2. W: tersedia tautan grup, hanya yg mempunyai link yg bisa bergabung (tertutup). T: tersedia tautan grup, dapat diatur terbuka atau tertutup. Jika datur terbuka, terdapat username grup.

3. W:hanya tersedia menu chat pribadi dan grup. T: tersedia menu Channel. Beda channel dengan profil pribadi atau grup; channel bisa diikuti ratusan ribu orang dan pengikut hnya bisa membaca postingan pemilik akun. Channel cocok untuk media informasi/komunikasi/dakwah/toko/siaran

4. W: Anggota grup yg sedang online tdk diketahui. T: anggota grup yg sdng online diketahui

5. W: tdk berbasis cloud. T: berbasis cloud, pesan yg dikirim melalui Telegram akan tersimpan di cloud dan tdk akan hilang kecuali dihapus. Bisa diedit, dan setiap pesan (di dalam grup) tedapat tautannya. Untuk membagikan tautan, klik pesan > salin tautan.

6. W: krn tdk berbasis cloud, media yg dikirim melalui WA apabila sdh hapus dr hp tidak akan bisa diakses. Begitu juga dg grup, media yg dikirim ke grup sebelum kita bergabung ke grup, tdk bisa diakses. T: krn berbasis cloud, anggota grup yg baru bergabung ttp bisa melihat semua media yg pernah dikirim ke grup. Kecuali diseting tdk dpt terlihat bg peserta baru.

7. W: tidak terdapat saved messege/pesan tersimpan dan tidak terdapat chating pribadi. T: terdapat menu pesan tersimpan yg berfungsi layaknya cloud shingga kita bisa menyimpan tulisan dan media di menu tsb, krn berbasis cloud, pesan tsb ttp ada sekalipun ganti hp asal tdk dihapus. Dan dari menu tsb pesan/media dapat diteruskan ke grup atau chat2 yg lain.

8. W: tdk bisa multi account dan tdk bisa online dari komputer. WA bisa online dari komputer tetapi ttp membutuhkan koneksi data di hp. Aplikasi di komputer layaknya casting, hanya jembatan/mengontrol hp dari komputer sehingga ttp harus menggunakan hp. T: mendukung multi account dan dpt konek dr komputer scr mandiri (tanpa hp) dan dapat konek dr beberapa perangkat sekaligus.

9. W: hanya bisa mencari tulisan dalam grup. T: bisa mencari tulisan dalam grup, mencari tulisan dalam rentang tgl tertentu, menampilkan kiriman anggota grup berdasarkan akun.

10. W: admin grup bisa mengatur hanya admin yg dpt mengirim pesan dan mengedit info. T: admin grup bisa mengatur hanya admin yg bisa mengirim pesan. Selain itu admin juga dpt mengatur hanya admin yg dapat mengedit info, kirim pesan, kirim media, kirim stiker/gif, kirim poling, kirim tautan, menambahkan anggota, dan menyematkan pesan.

11. W: tdk terdapat menu poling T: tersedia menu poling.

12. W: ukuran media max yg dpt dikirim WA =160 MB. T: ukuran media yg dpt dikirim Telegram = 1500 MB

13. W: dapat menambahkan anggota grup secara bersamaan/massal. T: tidak dapat menambahkan anggota grup secara bersamaan/massal

14. W: Tedapat menu story, panggilan suara, panggilan video, dan panggilan group yang mendukung s.d 4 peserta. T: hanya terdapat menu panggilan suara

15. W: terdapat menu message info sehingga diketahui pesan yg dikirim (ke grup) telah dibaca oleh siapa saja. T: belum ada menu message info.

16. W: tidak terdapat menu inline bot (inline robot). T: terdapat inline bot yang dapat membantu pencarian. Diantaranya;

@gif – GIF search
@vid – Video search
@pic – Yandex image search
@bing – Bing image search
@wiki – Wikipedia search
@imdb – IMDB search
@bold – Make bold, italic or fixed sys text
@youtube – Connect your account for personalized results
@music – Search and send classical music
@foursquare – Find and send venue addresses
@sticker – Find and send stickers based on emoji

Cara menggunakannya cukup ketik kode inline bot lalu tekan spasi dan masukkan kata kunci

17. W: tidak dapat menampilkan asal usul pesan yang diteruskan. T: dapat menampilkan sumber asal pesan yg diteruskan.

18. W: tidak terdapat menu secret chat. T: terdapat menu secret chat. Dengan secret chat pesan dalam chat dapat diatur otomatis terhapus dalam waktu tertentu, tidak dapat mengambil tangkapan layar, tdk dpt meneruskan pesan, tdk meninggalkan jejak di server

19. W: bisa menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim dalam batas waktu tertentu (jika sudah lama tidak bisa dihapus). T: bisa menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim kapan saja tanpa batasan waktu.

Saran bagi pengguna Telegram

1. Aktifkan verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan

2. Tidak perlu membersihkan teks percakapan (clear chat/clear chahe) karena di Telegram teks tidak menghabiskan memory hp sehingga data percakapan tetap tersimpan, kecuali yang bersifat rahasia atau yang sudah tidak diperlukan lagi.

3. Media yang yang sudah didownload bisa diatur apakah disimpan selamanya di hp (tidak hilang kecuali dihapus) atau dihapus otomatis dalam jangka beberapa hari.