Alhamdulilaah, Windows 10 telah hadir dan dapat dipasang pada ponsel Lumia yang sebelumnya menggunakan OS Windows Phone 8.1 Denim seperti pada Lumia 1520, Lumia 930, Lumia 830, Lumia 730, Lumia 640 XL, Lumia 640, Lumia 540, Lumia 535, Lumia 532, Lumia 435, dan Lumia 430.

Sebelum memasang Windows 10 pada ponsel Anda, pastikan dulu apakah ponsel Anda bisa dipasang OS ini. Caranya, install [via Store/Bursa] aplikasi “Upgrade Advisor” (“Konsultan Peningkatan”, jika Anda menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa “resmi” ponsel Anda. Sebaiknya, gunakan selalu Bahasa Indonesia sebagai wujud cinta kita kepada bangsa dan negara). Jika ternyata ponsel Anda bisa dipasang OS ini, selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah pemasangan yang terdapat pada halaman ini.

Ada yang perlu diperhatikan sebelum masuk pada proses upgrade. Mungkin hal ini tidak dijelaskan pada petunjuk resmi Microsoft, tapi ini berdasarkan pengalaman saya pada saat upgrade Lumia 540 Denim ke Windows 10:

1. Pastikan kondisi baterai ponsel Anda dalam keadaan full untuk menghindari ponsel habis baterai sebelum proses selesai yang “mungkin” akan menyebabkan kegahalan pembaharuan.

2. Setelah semua data diamankan, atur ulang (format) ponsel Anda terlebih dahulu supaya aplikasi tambahan yang terdapat pada ponsel terhapus, sehingga memori ponsel tersedia dan ponsel Anda akan kembali ke pengaturan default, seperti “baru” lagi.

3. Setelah ponsel Anda sudah seperti “baru” lagi, selanjutnya tinggal proses upgrade dengan cara masuk menu pembaharuan telpon > periksa pembaharuan > unduh.

4. Pastikan Anda memiliki koneksi internet cepat dan stabil untuk memudahkan dalam proses pengunduhan software yang memiliki ukuran ~1,4 GB ditambah lagi untuk update aplikasi setelah proses upgrade.

5. Ada hal yang perlu diperhatikan lagi setelah proses upgrade Windows 10. Sebaiknya Anda jangan langsung memperbaharui aplilasi-aplikasi yang ada. Tapi, periksa kembali pembaharuan telpon, apakah masih tersedia lagi versi terbarunya? Jika masih tersedia, segera unduh dan pasang. Barulah setelah semua selesai dan ponsel Anda benar-benar telah menggunakan Windows 10 rilis terbaru, pembaharuan aplikasi-aplikasi tersebut bisa dilakukan.

Sebagai pengalaman saya dalam menggunakan Windows 10 pada ponsel Lumia 540 sejak beberpa hari lalu, saya akan sedikit mengomentari seputar Windows 10:

1. Windows 10 telah menyediakan pilihan kalender hijriyah pada aplikasi kalender default, sesuatu yang memang saya tunggu-tunggu. Tapi proses pergantian tanggalnya masih mengikuti standar UTC, tidak mengikuti standar waktu terbenam matahari sebagainya standar hijriyah yang sebenarnya. Selain kalender hijriyah, terdapat juga kalender regional lainnya.

2. Tampilan kalender bisa diset ke tampilan Agenda, Harian, Mingguan, Bulanan dan Tahunan. Pada tampilan harian, terdapat tabel waktu selama 24 jam dan garis waktu sebagai penunjuk waktu saat itu. Saya suka menulis catatan harian dengan aplikasi

3. Ikon SIM 2 (Inset SIM) selalu tampil, sehingga apabila ponsel tersebut hanya diisi 1 SIM, ikon tersebut tetap muncul sehingga mengganggu keindahan.

Bersambung…

Tulisan ini membantu? Komentari, Bagikan!
Terima kasih dan Mohon Maaf.

Iklan